Pasti banyak diantara agan yang baca artikel ini adalah pengendara motor. Dan pastinya banyak juga agan-agan yang stres karena kemacetan dijalan. Sebelum menyalahkan lalulintas, agan cek dulu apakah agan melakukan 5 hal berikut ini :
1. Kamu Ngebut di Jalan Kecil
Kalo kamu di jalan tol, mau ngebut terserah kamu. Di jalan protokol, kalo kamu
ngebut di batas kecepatan wajar, itu juga terserah kamu. Tapi kalo situasinya
di dalem kompleks atau di gang yang jalannya kecil dan kamu ngebut…itu goblog
sih.
Kenapa Aku Goblog? KARENA JALANANNYA KECIL! Udah jalanannya kecil, banyak orang
jalan kaki. Banyak anak-anak main di pinggir jalan. Kalo keserempet gimana?
Kamu mau nyalahin anaknya? Kayak gini bisa dihindari kalo kamu jalannya santai
aja.
2. Kamu Belok ke Kiri Tapi Motong dari Lajur Kanan banget (dan sebaliknya)
Jadi kamu mau belok ke kiri. Kalo orang pinter mah udah tau mau belok kiri dia
bakal ngambil lajur kiri dari jauh, trus masang sen kiri. Tapi kamu gak suka
aturan ini! Kamu ngambil lajur kanan banget, ngebut, trus langsung potong ke
kiri! Wohooo!
Kenapa Aku Goblog? Karena ini bisa bikin orang lain celaka. Kalo kamu yang
ketabrak trus mobil/motor kamu rusak sih gak papa ya, kamu emang pantes
mendapatkan hal ini. Tapi yang kasian justru orang yang nabrak kamu. Dia gak
salah apa-apa jadi harus repot gara-gara kamu goblog.
3. Udah Tau Orang Mau Muter, Tapi Malah Kamu Pepet
Kamu ngeliat orang di depan kamu mau U-Turn. Kamu liat jalanannya cukup sempit
dan orang ini gak bakal dapet sekali puter. Kamu punya dua opsi: A) Nungguin
dengan sabar sampe dia muter, demi kelancaran bersama B) Pepet terus karena
kamu gak sabar! Pilih yang mana kamu? Ya B dong!
Kenapa Aku Goblog? Karena kamu malah bikin jalanan jadi makin gak lancar. Kalo
kamu sabar dan biarin mobil di depan kamu muter dulu, palingan dia cuma bakal
mundur sekali, trus abis itu dapet. Tapi karena kamu pepet, dia jadi gak bisa
mundur dan situasi semakin kacau. Semua gara-gara kamu.
4. Udah Jalanan Sempit, Kamu Parkir Sembarangan
Kamu berkunjung ke rumah temen kamu yang jalanannya sempit, cuma muat 2 mobil
tapi super pas-pasan, meleng dikit nyenggol deh. Nah, kamu tentu tau dong bahwa
dalam keadaan normal aja mobil susah lewat, apalagi kalo ada yang parkir. Jadi
apa yang kamu lakukan? Ya tentu saja parkir! Bukan cuma parkir, kamu parkir
sembarangan! Gak perlu parkir mepet-mepet, pokoknya asal mobil kamu udah
berhenti trus kamu udah hand-brake, kamu anggap parkir kamu sudah sempurna!
Kenapa Aku Goblog? Karena kamu gak mikirin orang lain sama sekali. Dalam
keadaan normal aja orang lewat udah susah payah, sekarang ditambahin kamu
parkir sembarangan. Gimana orang bisa lewat sih? Trus kalo dimarahin, kamu
lebih galak lagi, pake alesan “Ya abisnya mau parkir dimana lagi?!?!?!” Ya OK,
kamu boleh parkir di situ. Tapi parkir yang bener dong. Kayak, dipepetin gitu
mobilnya. Ini juga berlaku untuk yang naik motor lho. Mentang-mentang naik
motor, dikira motornya kecil trus parkirnya boleh melintang.
5. Kamu Klakson-klakson di Saat yang Gak Tepat
Kamu berhenti di traffic light. Lampu masih merah. Tapi jalanan depan kamu
keliatannya kosong. Kok orang di depan kamu gak jalan sih?! Kenapa dia gak
menerobos lampu merah?! Ini tidak bisa dibiarkan! Dan kamu pun langsung klakson
dengan sekuat tenaga, berkali-kali. Pokoknya klakson terus sampe orang depan
mau jalan! Keadilan harus ditegakkan.
Kenapa Aku Goblog? Mmm…karena lampunya masih merah? Orang di depan kamu kan
cuma mengikuti peraturan dasar yang menyatakan bahwa “Merah = berhenti, Hijau =
Jalan”. Itu kayak dasar banget gitu. Anak SD juga tau. “Tapi jalanannya kosong
Gan! Boleh dong jalan?” Nah, kayak gini-gini nih yang suka bikin kecelakaan.
Kamu kira jalanan kosong, kamu jalan, eh tiba-tiba ternyata jalanan gak kosong,
trus ada mobil ngebut, trus kamu tabrakan deh. Yang salah siapa? Ya kamu lah.
Ini juga berlaku saat macet nih. Udah tau jalanan macet. Trus kamu
klakson-klakson. Kamu kira kalo kamu klakson trus tiba-tiba jalanan jadi lancar
gitu? Kamu kira mobil di depan kamu sengaja gak mau jalan gitu? Di saat macet,
klakson kamu itu gak ada gunanya kecuali bikin orang lain makin senewen.
Yak, begitulah sekiranya. Ada yang sering kamu lakukan? Pastinya nggak dong ya. Mendingan artikel ini dishare ke temen kamu
yang suka melakukan hal-hal goblog ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar